Bagikan Bantuan Pangan Beras, Walikota Harap Penerima Semakin Berkurang Sebagai Indikasi Warga Berdaya

Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kembali membagikan bantuan pangan beras kepada masyarakat rawan pangan di Kota Batu. Bantuan ini juga merupakan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi covid-19. Sebanyak 200 ton beras dibagikan untuk 2000 warga selama 10 bulan. Walikota Batu Dewanti Rumpoko berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga, dan penerima bantuan semakin berkurang sebagai indikasi warga berdaya.

Bagikan Bantuan Pangan Beras, Walikota Harap Penerima Semakin Berkurang Sebagai Indikasi Warga Berdaya

agropolitan.tv -Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kembali membagikan bantuan pangan beras kepada masyarakat rawan pangan di Kota Batu. Bantuan ini juga merupakan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi covid-19. Sebanyak 200 ton beras dibagikan untuk 2000 warga selama 10 bulan. Walikota Batu Dewanti Rumpoko berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga, dan penerima bantuan semakin berkurang sebagai indikasi warga berdaya.

Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kembali membagikan bantuan pangan beras kepada masyarakat rawan pangan di Kota Batu. Bantuan ini juga merupakan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi covid-19. Dalam tahap awal ini bantuan diberikan kepada 138 warga Desa Pandanrejo di Balaidesa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Nantinya bantuan beras akan dibagikan merata secara bergilir di seluruh Desa dan Kelurahan se Kota Batu.

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko kepada masyarakat rawan pangan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sugeng Pramono mengatakan pemberian bantuan pangan beras ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin agar tidak mengalami rawan pangan, terutama akibat terdampak pandemi covid-19 yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Untuk tahun anggaran 2021, jumlah penerima bantuan ini sebanyak 1.977 KK dari 24 Desa, Kelurahan di Kota Batu. Jumlah ini turun jika dibanding dengan tahun lalu sebanyak 2500an warga penerima bantuan. Masing-masing warga menerima 10 kilogram beras setiap bulannya, selama 10 bulan kedepan.

Kepala Desa Pandanrejo Abdul Manan bersyukur jumlah penerima bantuan beras di Desa Pandanrejo mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu ada 138 KK yang menerima bantuan, alhamdulillah sekarang jumlahnya turun menjadi 99 KK. Artinya warga Desa Pandanrejo lebih sejahtera dan mampu mandiri. 

Sementara itu Walikota Batu, Hj Dewanti Rumpoko bersyukur Pemerintah bisa memberi kontribusi langsung kepada masyarakat. Dewanti berharap jumlah penerima bantuan rawan pangan bisa berkurang setiap tahunnya.yang menunjukan ada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Kota Batu.

Walikota menjelaskan bahwa penerima bantuan ini adalah masyarakat yang belum masuk penerima bantuan sosial lainnya. Sebelumnya, penerima telah melalui proses verifikasi dan validasi dari Dinas Sosial Kota Batu, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu.           

Lebih lanjut Walikota meminta agar bantuan beras ini bisa langsung dikirim ke rumah masing masing penerima bantuan, agar warga terutama yang sepuh tidak perlu mengambil ke kantor desa maupun kelurahan. Juga untuk mengurangi kerumunan sesuai standar protokol kesehatan covid-19.

 

Ary Punka Aji Atv