Disparta Tonjolkan Produk Ekonomi Kreatif Sebagai Magnet Wisata Baru

Dinas Pariwisata Kota Batu, terus menggali potensi wisata yang ada di Desa, Kelurahan di Kota Batu. Guna menggairahkan kembali roda perekonomian dari sektor pariwisata. Lewat gelaran kegiatan festival batik di Kelurahan Ngaglik Kota Batu ini, Dinas Pariwisata Kota Batu mencoba menawarkan produk ekonomi kreatif kearifan lokal sebagai magnet wisata alternatif.

Disparta Tonjolkan Produk Ekonomi Kreatif Sebagai Magnet Wisata Baru

agrpolitan.tv -Dinas Pariwisata Kota Batu, terus menggali potensi wisata yang ada di Desa, Kelurahan di Kota Batu. Guna menggairahkan kembali roda perekonomian dari sektor pariwisata. Lewat gelaran kegiatan festival batik di Kelurahan Ngaglik Kota Batu ini, Dinas Pariwisata Kota Batu mencoba menawarkan produk ekonomi kreatif kearifan lokal sebagai magnet wisata alternatif.

Usai dilanda pandemi covid-19 berkepanjangan yang membuat roda perekonomian dan juga pariwisata di Kota Batu mati suri. Dinas Pariwisata mencoba bangkit dengan menggali berbagai potensi wisata yang ada di Desa, Kelurahan di Kota Batu, langkah ini diambil agar geliat ekonomi pariwisata kembali berputar di Kota Batu.

 Seperti kegiatan festival batik yang digelar di Kelurahan Ngaglik, Kecamatan, Kota batu ini salah satunya. Dibuka langsung oleh Walikota Batu, festival yang dikemas dalam acara jagongan yang diinisiasi oleh lurah ngaglik tersebut berjalan meriah dengan dilengkapi fasilitas dan protokol kesehatan.

 Dalam festival tersebut, bermacam batik dengan beragam motif dan berbagai produk ekonomi kreatif, dipajang di stand-stand yang ada di pendopo Kelurahan Ngaglik.

 Meski tak memiliki potensi alam untuk dijadikan destinasi wisata, Kelurahan Ngaglik ternyata merupakan salah satu penghasil produk ekonomi kreatif serta kerajinan tangan yang patut diperhitungkan di Kota Batu.

 Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, menyampaikan bahwa terobosan dengan menghadirkan produk kreatif akan memunculkan aksentuasi dalam pengembangan Desa, Kelurahan wisata di Kota Batu. Sehingga Disparta Kota Batu akan menyiapkan program khusus, bagaimana kelurahan ngaglik bisa menjadi jujugan wisatawan meski tak memiliki potensi alam.

 Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya berharap,kedepan organisasi perangkat daerah terkait bisa memberikan pendampingan dalam peningkatan kualitas produk, agar nantinya dapat bersaing di Kancah Nasional. Sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat . 

 

Ary Punka Aji Atv