E-Parking Cashless Dishub Kota Batu Seperti Ini Gambarannya

Dishub Kota Batu sudah melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan parkir tepi jalan umum dan pemungutan retribusi parkir non tunai. Lewat perda terbaru ini, kebocoran pendapatan daerah dari sektor parkir bisa diminimalisir dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor parkir yang tahun ini ditarget Rp. 8 milyar bisa terpenuhi. Seperti apa sistem E-Parking cashless yang segera diterapkan Dishub Kota Batu berikut simulasinya.

E-Parking Cashless Dishub Kota Batu Seperti Ini Gambarannya

agropolitan.tv -Dishub Kota Batu sudah melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan parkir tepi jalan umum dan pemungutan retribusi parkir non tunai. Lewat perda terbaru ini, kebocoran pendapatan daerah dari sektor parkir bisa diminimalisir dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor parkir yang tahun ini ditarget Rp. 8 milyar bisa terpenuhi. Seperti apa sistem E-Parking cashless yang segera diterapkan Dishub Kota Batu berikut simulasinya.

Untuk  pertama kali sistem pengelolaan parkir, E-Parking cashless akan diterapkan Dinas Perhubungan Kota Batu disosialisasikan kepada juru parkir. Dishub sendiri beralasan jika sistem pengelolaan parkir, E-Parking cashless ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan parkir tepi jalan umum dan pemungutan retribusi parkir non tunai.

Lantas bagaimana sebenarnya E-Parking ini.Tantan Taufig, Konsultan E-Parking dari Data Bumi Indonesia menjelaskan bahwa Implementasi E-Parking tahap pertama adalah untuk meregister semua juru parkir yang ada. Ia menjelaskan aplikasi E-Parkir ini dipergunakan untuk penyetoran retribusi juru parkir secara cashless atau non tunai dengan menggunakan Id Billing.

Sistem pembayarannya bekerja sama dengan Bank Jatim, namun setoran bisa menggunakan layanan keuangan digital seperti Ovo, G-Pay atau layanan keuangan lainnya dengan menggunakan Key Account. Meski demikian pembayaran bisa dilakukan dengan pembayaran dari mana saja. Inti dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah penyetoran dan memperjelas alur pembayaran retribusi parkir, dari jukir ke Dishub Kota Batu.

Pembayaran dilakukan oleh koordinator juru parkir yang ada. Tantan menjelaskan bahwa aplikasi ini dibuat semudah mungkin sehingga tidak akan menjadi permasalahan bagi jukir mengoperasionalkan. Sayangnya, aplikasi E-Parking ini adalah tahap awal yang hanya bisa dipergunakan juru parkir saja. Belum menyentuh pembayaran secara elektronik untuk pengguna lahan parkir. 

Sementara itu Kabid Perparkiran Dishub Kota Batu Hari Juni mengatakan jika penerapan E-Parking ini dilakukan di 20 titik parkir di Kota Batu secara bertahap, mulai dari titik parkir yang ramai seperti di Alun Alun Kota Batu.

Ary Punka Aji Atv...