Gelar Apel Kesiapan Larangan Mudik, Walikota : “Jangan Mudik Dirumah Saja”

Pemerintah Kota Batu menggelar apel kesiapan pengamanan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 di halaman lobby Balaikota Among Tani Pemkot Batu. Sesuai dengan larangan mudik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Walikota bersama Forkopimda Batu sepakat menghimbau masyarakat untuk “jangan mudik dirumah saja”.

Gelar Apel Kesiapan Larangan Mudik, Walikota : “Jangan Mudik Dirumah Saja”

agropolitan.tv -Pemerintah Kota Batu menggelar apel kesiapan pengamanan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 di halaman lobby Balaikota Among Tani Pemkot Batu. Sesuai dengan larangan mudik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Walikota bersama Forkopimda Batu sepakat menghimbau masyarakat untuk “jangan mudik dirumah saja”.

Pemerintah Pusat telah mengeluarkan larangan mudik 2021 bagi seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19, terhitung mulai 22 April hingga 24 Mei 2021.

Atas dasar itulah Pemerintah Kota Batu menggelar apel kesiapan pengamanan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 di halaman lobby Balaikota Among Tani Pemkot Batu.  

Apel diikuti oleh pasukan gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan unsur pendukung lainnya.

Dalam sambutannya Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko mengatakan apel ini dilakukan sesuai instruksi Kapolda Jatim untuk mengetahui kesiapan program larangan mudik.larangan mudik ini bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Dewanti menambahkan sinergitas Forkopimda Kota Batu sepakat menghimbau masyarakat untuk “jangan mudik dirumah saja”. Pihak Kepolisian Resort Kota Batu sudah menyiapkan semuanya terkait teknis pengamanan larangan mudik 1442H. Pemkot sendiri juga bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk mencegah dan mensosialisasikan, agar keluarga dari luar kota tidak datang dulu ke Kota Batu.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko menegaskan jika ada masyarakat yang nekad untuk mudik dan masuk ke Kota Batu, maka akan dilakukan karantina, selama lima hari, dan wajib menjalani SOP yang berlaku, mulai dari swab test, hingga pemeriksaan kesehatan, termasuk isolasi jika diperlukan. 

Sementara itu Kapolres Batu, Akbp Catur C Wibowo menambahkan pihaknya akan mendirikan empat posko pemantauan di wilayah perbatasan Kota Batu, yakni di Pendem, Giripurno, Songgokerto dan Alun Alun Kota Batu. Sedangkan penyekatan wilayah hanya dilakukan di perbatasan Batu Kediri saja sesuai instruksi dari pusat. Pelaksanaan pengamanan akan dilakukan mulai h-7 hingga h+7 lebaran. Yakni pada 6 Mei sampai 21 Mei 2021 dengan melibatkan 500 petugas gabungan.

 

 

           Ary Punka Aji Atv