Halau Pemudik Polres Batu Buat 4 Pos Pantau Dan 1 Pos Penyekatan

Untuk menghalau pemudik pada libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442h. Sesuai dengan larangan mudik. Polres Batu membuat 4 pos pemantauan dan satu pos penyekatan. Pos penyekatan yakni ditempatkan di wilayah perbatasan Kediri dengan Kabupaten Malang. Sedangkan untuk wilayah Malang Raya pos penyekatan ditiadakan.

Halau Pemudik Polres Batu Buat 4 Pos Pantau Dan 1 Pos Penyekatan

agropolitan.tv -Untuk menghalau pemudik pada libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442h. Sesuai dengan larangan mudik. Polres Batu membuat 4 pos pemantauan dan satu pos penyekatan. Pos penyekatan yakni ditempatkan di wilayah perbatasan Kediri dengan Kabupaten Malang. Sedangkan untuk wilayah Malang Raya pos penyekatan ditiadakan.

Usai melakukan  apel kesiapan pengamanan larangan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1142, Polres Batu menyiapkan lima ratus personil gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan sejumlah unsur kemasyarakatan lainnya untuk disiagakan pada pos pantau pengamanan  libur panjang Hari Raya Idul Fitri.

Adapun pos pantau di wilayah Kota Batu hanya ada empat pos pantau dan pos pelayanan. Empat pos pantau disiapkan di perbatasan Kota Batu, di Pendem, Giripurno, Songgokerto dan Alun - Alun Kota Batu.

Sedangkan pos penyekatan untuk menghalau pemudik agar tidak memasuki Malang Raya petugas gabungan rencananya mendirikan pos penyekatan di perbatasan Kediri dengan Kabupaten Malang.

Secara teknik pelarangan mudik muncul kebijakan baru, yakni pergerakan kendaraan di Kabupaten, Kota yang saling terhubung atau wilayah aglomerasi masih diperbolehkan.untuk Kota Batu. Dan Pemerintah  Jawa Timur telah menunjuk Kabupaten, Kota yang masuk wilayah aglomerasi Malang Raya, Pasuruan dan Probolinggo.

Kapolres Batu menjelaskan  kesiapan pengamanan larangan mudik yang nantinya akan menurunkan sekitar 500 petugas gabungan, meliputi Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, PMI, dan beberapa Ormas. Hal ini sesuai instruksi Polda Jawa Timur .

Sementara  untuk teknis larangan mudik diterapkan aglomerasi, bertujuan saat lebaran bagi warga di daerah aglomerasi tersebut di perbolehkan  mudik. Dan di luar ketentuan tersebut tetap dilakukan larangan mudik.  Dan  wilayah hukum Polres Batu yang masuk rayonisasi Malang Raya pihaknya mendapat tugas pos penyekatan di perbatasan Kediri untuk menghalau pemudik dari Kediri ke Malang Raya. 

Sementara untuk di wilayah Kota Batu  Polres Batu hanya  mendirikan pos pengamanan, pos pantau, dan pos pelayanan, tersebar di empat titik, dan pos-pos tersebut tujuannya untuk memudahkan operasional dan mobilisasi petugas,serta pengamanan, pemantauan,dan pelayanan bagi pemudik, wisatawan atau kegiatan lain di wilayah aglomerasi yang telah ditentukan.

 

           Ary Punka Aji Atv