Isi Ramadhan ATF Bareng Pemkot Batu Gelar ‘Batu Membaca Al-Quran’

Mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif di masa pandemi ini. Among Tani Foundation (ATF) bareng Pemkot Batu menggelar acara Batu Membaca Al-Quran. Selain sebagai penguatan pendidikan karakter bagi anak. Juga sebagai hiburan bagi pelajar Kota Batu yang sudah satu tahun ini anak-anak menjalani pembelajaran jarak jauh, daring.

Isi Ramadhan ATF Bareng Pemkot Batu Gelar ‘Batu Membaca Al-Quran’

agropolitan.tv -Mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif di masa pandemi ini. Among Tani Foundation (ATF) bareng Pemkot Batu menggelar acara Batu Membaca Al-Quran. Selain sebagai penguatan pendidikan karakter bagi anak. Juga sebagai hiburan bagi pelajar Kota Batu yang sudah satu tahun ini anak-anak menjalani pembelajaran jarak jauh, daring.

Ramadhan tahun ini meski dalam suasana pandemi, sejumlah  kegiatan sudah diperbolehkan untuk dilakukan. Atas dasar itulah untuk meraih berkah Bulan Ramadhan, sekaligus mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif di masa pandemi ini. Among Tani Foundation (ATF) bareng Pemkot Batu menggelar acara Batu Membaca Al-Quran. Selain sebagai penguatan pendidikan karakter bagi anak. Juga sebagai hiburan bagi pelajar Kota Batu yang sudah satu tahun ini anak-anak menjalani pembelajaran jarak jauh, daring.

Septi Widi Sekretaris ATF menjabarkan kegiatan Batu Mengaji Al-Qur’an terbagi dalam menjadi sejumlah bagian, mulai Lomba Tartil Quran, Kaligrafi, hingga Mengaji bersama Via Zoom. Untuk Tartil, dibagi dua kelompok, yaitu untuk anak SD, MI Sederajat dan SMP, MTS Sederajat. Sedangkan Kaligrafi Digital untuk jenjang SMA,SMK dan MA Sederajat.

Lomba Tartil Quran saat ini masuk babak penyisihan yang dilaksanakan secara daring. Peserta yang lolos babak penyisihan, pada 22-27 April, akan bertarung secara offline di Masjid Brigjen Soegiyono Pemkot Batu. Dengan menerapkan sistem kloter, untuk menghindari penumpukan massa, sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 

Sementara itu Ketua Pelaksana Batu Mengaji Al Qur’an Mistin menambahkan untuk Tartil Quran, dari total peserta yang mendaftar akan dilakukan penyisihan secara daring. Sebelumnya dia telah membuat grup melalui telegram. Peserta tidak dibatasi anak - anak Kota Batu saja namun secara umum dan Nasional bahkan salah satu peserta berasal dari Bandung.  

Untuk Juri, ATF mengundang 12 Ustad dan Tokoh Agama di Kota Batu, di antaranya Ustad Nurbani, Ustadz Arif, Ustadz Ali Mahmudi, Gus Imron dan lainnya. Agenda ini akan dijadikan acara tahunan. Kedepannya bukan hanya anak-anak saja yang mengikuti lomba, tapi juga pegawai dan masyarakat umum. 

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan generasi berkarakter religius dan mengembangkan kreativitas secara jujur, mandiri dan bertanggung jawab. Sebagai refleksi mencintai Tanah Air Indonesia.

 

 

Ary Punka Aji Atv