Kejari Batu Sepakat Bantu Dan Dukung Penegakan Hukum Perda Pemkot Batu

Guna memberi pendampingan hukum terkait penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah. Terutama bagi Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja. Pemkot Batu menjalin kerjasama Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Kejari Batu Sepakat Bantu Dan Dukung Penegakan Hukum Perda Pemkot Batu

agropolitan.tv -Guna memberi pendampingan hukum terkait penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah. Terutama bagi Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja. Pemkot Batu menjalin kerjasama Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Pemkot Batu dan Kejari Kota Batu melakukan penandatanganan kerja sama. Penandatanganan kerja sama ini berkaitan dengan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan tugas penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah. Terutama bagi Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja.

Perjanjian yang dilakukan di ruang rapat utama lantai 5 Balaikota Amongtani Pemkot Batu ini dilaksanakan sebagai wujud kesepahaman antara eksekutif dan yudikatif agar pelaksanaan tugas Satpol Pp yang salah satu tugasnya adalah menegakkan Peraturan Daerah dan Kepala Daerah bisa berjalan optimal, dalam menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Kajari Batu Drs. Supriyanto Sh.Mh Mengatakan melalui instrumen Bidang Perdata dan TUN mendorong Satpol PP Kota Batu dalam menegakkan Perda dan Perkada secara adil, transparan dan akuntabel. Tugas kejaksaan di Bidang Perdata dan TUN adalah memberikan bantuan hukum maupun pertimbangan hukum kepada Pemerintah. Nantinya kejari akan memberi payung hukum kepada Satpol PP dalam melakukan penegakan Perda maupun Perkada serta menyelenggarakan ketertiban dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Selain itu Kejari Batu juga berkomitmen untuk berupaya mencegah terjadinya potensi penyimpangan yang berdampak pada permasalahan hukum lebih luas.

Senada dengan Kajari Batu, Walikota Batu Dewanti Rumpoko berharap dengan adanya kerjasama ini Aparat Penegak Perda bisa melaksanakan tugasnya tanpa dibayangi persoalan hukum. Termasuk Hukum Perdata dan TUN. Dalam kondisi seperti ini maka Bidang Perdata dan TUN di Kejaksaan bisa mewakili Satpol PP untuk bertindak atas kuasa khusus dari Satpol PP. Selain itu Bidang Perdata dan TUN bisa memberikan pertimbangan hukum dan pendampingan hukum dalam hal terdapat keragu-raguan atas tindakan hukum yang akan dilakukan maupun tugas-tugas lainnya.

Sementata itu Kepala Satpol PP Kota Batu, M Nur Adhim menjelaskan kerja sama dilakukan dalam rangka meminta pendampingan kepada Kejari Batu dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Satpol PP. Sehingga jika nantinya ada gugatan kepada Aparat Penegak Perda dalam hal ini Satpol PP akan ada payung hukum yang melindungi.

Perjanjian kerja sama antara Pemkot Batu bersama Kejari Kota Batu ini sendiri juga dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Sekda Kota Batu Zadim Efisiensi, bersama sejumlah Kepala OPD Pemkot Batu.


Ary Punka Aji Atv