Libatkan Ibu-Ibu DP3AP2KB Mulai Lakukan Orientasi Pendataan Keluarga 2021

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menyelenggarakan pendataan keluarga 2021 untuk memotret kondisi keluarga Indonesia saat ini demi membangun keluarga yang berkualitas. DP3AP2KB Kota Batu sendiri melibatkan ibu-ibu sebagai Kader Pendata agar data yang dihasilkan valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Libatkan Ibu-Ibu DP3AP2KB Mulai Lakukan Orientasi Pendataan Keluarga 2021

agropolitan.tv -Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menyelenggarakan pendataan keluarga 2021 untuk memotret kondisi keluarga Indonesia saat ini demi membangun keluarga yang berkualitas. DP3AP2KB Kota Batu sendiri melibatkan ibu-ibu sebagai Kader Pendata agar data yang dihasilkan valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Usai menggelar orientasi pendataan keluarga di sejumlah Desa, Kelurahan di Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Batu. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu juga menggelar kegiatan serupa di Kecamatan Bumiaji.          

Bertempat di Balai Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji, DP3AP2KB Kota Batu menggelar orientasi pendataan keluarga 2021 bagi kader pendata dari tiga Desa, yaitu Desa Bumiaji, Desa Bulukerto dan Desa Gunungsari.

Pendataan keluarga ini untuk memotret kondisi keluarga  sesuai dengan tujuan untuk membangun keluarga berkualitas. Pendataan keluarga 2021 rencananya dilaksanakan pada 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 dan dilakukan oleh Kader Petugas Pendata BKKBN yang sudah terlatih serta penyuluh keluarga berencana di seluruh Indonesia.

Para petugas akan mengumpulkan Data terkait dengan Kependudukan, Data Keluarga Berencana dan Data Tentang Pembangunan Keluarga. Data itu nantinya digunakan sebagai bahan rujukan untuk membuat kebijakan dan program bagi Pemerintah Pusat maupun Daerah. Juga bisa membantu dalam penanganan stunting, dengan BKKBN telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana percepatan penurunan stunting Nasional.

Kepala UPT Balai Diklat Kependudukan dan KB Malang Nyigit Wudi Amini menjelaskan jika pendataan merupakan kegiatan rutin 5 tahun untuk mendapat data yang valid terkait keluarga Indonesia terkait Data Demografi, Data Keluarga Berencana dan Data Tentang Pembangunan Keluarga.  Data ini nantinya akan tersimpan dalam Basis Data Keluarga Indonesia (BDKI) sebagai gambaran dan data yang  tepat dan menyeluruh tentang keadaan masyarakat terutama dalam pembangunan keluarga.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu Md Forkan mengatakan sejauh ini Dinas sudah melakukan Sosialisasi dan Orientasi kepada Kader Pendata. Di Kota Batu ada sekitar 400 Kader Pendata yang akan disebar di Desa, Kelurahan se Kota Batu. Ada dua teknik yang akan digunakan dalam pendataan keluarga tahun ini yaitnnegan formulir dan juga melalui smartphone untuk memudahkan pendataan keluarga 2021.

DP3AP2KB Kota Batu sendiri sengaja melibatkan ibu-ibu sebagai Kader Pendata disamping lebih luwes, juga agar data yang dihasilkan valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

 

                Ary Punka Aji Atv