Meski Belum Ada Kepastian Keberangkatan Haji Kemenag Batu Wajibkan Calon Jamaah Haji Jalani Vaksin Covid 19

Meski belum ada kepastian keberangkatan haji pada tahun ini, namun Kantor Kementrian Agama Kota Batu, mewajibkan ratusan calon jemaah haji di Kota Batu untuk menjalani vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini dilakukan sebagai persiapan jika sewaktu waktu ibadah haji pada tahun ini kembali dibuka dan digelar oleh Pemerintah Arab Saudi.

Meski Belum Ada Kepastian Keberangkatan Haji Kemenag Batu Wajibkan Calon Jamaah Haji Jalani Vaksin Covid 19

agropolitan.tv -Meski belum ada kepastian keberangkatan haji  pada tahun ini, namun Kantor Kementrian Agama Kota Batu, mewajibkan ratusan calon jemaah haji di Kota Batu untuk menjalani  vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini dilakukan sebagai persiapan jika sewaktu waktu ibadah haji pada tahun ini kembali dibuka dan digelar oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sebanyak 169 calon haji di Kota Batu Jawa Timur mengikuti penyuntikan dosis pertama vaksin sinovac .169 orang calon haji  ini merupakan calon haji tahun lalu yang keberangkatannya tertunda. Akibat pandemi covid-19.

Pemberian vaksin ini  sebagai salah satu persiapan sebelum mereka diberangkatkan ke tanah suci dan para calon jamaah haji tersebut  sebagian merupakan warga lanjut usia dan perlu mendapatkan perlindungan untuk mengurangi risiko penularan. Baik saat berada di Daerah maupun mereka jadi diberangkatkan ke Arab Saudi.

Prosesi vaksinasi di awali dengan pendaftaran di lanjutkan  screaning kesehatan bagi penerima vaksin hal ini untuk mengetahui apakah penerima vaksin memiliki comorbid atau penyakit penyerta lainnya.

Kepala Kemenag Kota Batu menjelaskan, suntikan vaksin tahap pertama tersebut diberikan kepada sebanyak 169 orang calon jamaah haji yang sudah disiapkan untuk diberangkatkan pada tahun ini.

Meskipun belum ada kejelasan terkait pemberangkatan, namun hal ini sebagai bentuk antisipasi jika calon jamaah haji diberangkatkan.dan para calon haji berupaya agar mereka siap  karena mereka sebagian besar lanjut usia dan sesuai aturan jangka waktu pemberian vaksin tahap dua 28. 

Hingga saat ini  pemberangkatan jamaah haji Pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

 

Ary Punka Aji Atv