Pantau Harga Sembako Pemkot Batu Bareng Polres Batu Sidak Pasar

Memasuki hari ketiga Bulan Ramadhan 1442 H, Pemerintah Kota Batu bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu dan juga Polres Batu. Melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar besar dan sejumlah toko swalayan. Hasilnya meski ada sedikit kenaikan harga pada sejumlah barang. Namun stok ketersediaan sembako aman hingga tiga bulan kedepan.

Pantau Harga Sembako Pemkot Batu Bareng Polres Batu Sidak Pasar

agropolitan.tv -Memasuki hari ketiga Bulan Ramadhan 1442 H, Pemerintah Kota Batu bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu dan juga Polres Batu. Melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar besar dan sejumlah toko swalayan. Hasilnya meski ada sedikit kenaikan harga pada sejumlah barang. Namun stok ketersediaan sembako aman hingga tiga bulan kedepan

Pemerintah Kota Batu bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu dan juga Polres Batu. Melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar besar dan sejumlah toko swalayan di Kota Batu. Beberapa lokasi yang menjadi sasaran operasi pasar diantaranya, Pasar Besar Kota Batu, Agen Sembako, Distributor dan Plaza Batu.

Fokus pada operasi pasar kali ini adalah memantau ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga dari bahan pokok seperti beras, daging sapi, daging, ayam, telur, tepung terigu, minyak goreng, ikan dan gula.

Wakil Walikota Batu H Punjul Santoso mengatakan sidak harga sembako ini dilakukan untuk memastikan harga saat Bulan Ramadhan tetap stabil dan tidak mengalami gejolak. Tak hanya memantau harga, ketersediaan bahan kebutuhan pokok juga menjadi atensi. Sidak harga ini rencananya akan dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu di Awal Ramadhan, Pertengahan Ramadhan serta menjelang Idul Fitri.

Meski ada sedikit kenaikan harga pada sejumlah barang, seperti minyak goreng yang naik 3000 rupiah, dari 25.000 menjadi 28.000. Namun sejumlah bahan pokok justru mengalami penurunan harga antara 1000 Rupiah hingga 2000  Rupiah, seperti harga beras dan telur. Bahkan Wawali menegaskan bahwa stok ketersediaan sembako aman hingga tiga bulan kedepan. Meski begitu Tim Pemkot, TPID dan Pemkot akan memantau terus harga bahan pokok sehingga tidak memberatkan masyarakat. 

Sementara itu Kapolres Kota Batu Akbp Catur C Wibowo mengatakan bahwa pihaknya akan ikut memantau harga pangan di pasar melalui Tim Satgas Pangan Kepolisian untuk menghindari penimbunan, dan pelanggaran hukum. Agar kedepan tidak ada permainan harga yang membuat gejolak di masyarakat. Sehingga nanti hingga lebaran, harga tetap stabil. 

Selain pasar besar sidak harga juga dilakukan di distributor sembako dan juga sejumlah toko swalayan. Tak hanya memantau bahan pokok, juga memantau harga sejumlah makanan dan minuman serta kue yang sudah mulai memenuhi toko swalayan.

 

Ary Punka Aji Atv

.